image1 image2 image3 image4 image5

HELLO I'M LUQI PAMUNGKAS|LOVE ALL THINGS ABOUT DRAWING, EDITING, AND ETC|I LOVE TO DO FREAKING CREATIVE THINGS|I'M GRAPHIC DESIGNER

PUNYA BAKAT DESIGN? JADIIN USAHA!!!


Berbicara soal design, pastilah kita biasanya langsung menganggap bisnis ini sepele, tapi walaupun anda anggap sepele  bisnis ini bisa meraup jutaan rupiah sampai dolar sekalipun. Tidak percaya? Coba simak artikel berikut ini.

Bisnis design saat ini telah menjadi tren di kalangan anak muda, yaitu dari bisnis mulai mendesign baju, membuat logo perusahaan, illustrasi untuk poster dan lainya. Sebenarnya bisnis ini cukup mudah untuk di lakukan, akan tetapi dibutuhkan tidak hanya sekedar hoby, karna kita juga butuh kemapuan imajinasi, kekreatifitasan pun juga harus tinggi, karya yang dibuat walaupun hanya sedikit sama dengan karya lain sudah dianggap plagiat dan karya tidak akan  terjual, mengerikan bukan? ,maka dari itu hindari kesamaan karya.

Bisnis design memang dianggap menyenangkan bagi yang mempunyai hobi dan keahlian di bidang design, karna kita hanya butuh duduk di depan PC dengan bersenjatakan beberapa software yang sudah tersedia seperti photoshop, corel draw, adobe illustrator dan lainya. Bisnis design bisa dibuat tanpa modal dan dengan modal (maksut modal disini yaitu uang).
Bisnis design tanpa modal bisa kita jumpai saat online di web, kita hanya butuh browsing web penyedia jasa tersebut seperti :

1.       99Designs.com
Di situs ini kalian akan banyak menemukan kategori design yang sesuai dengan ekspetasi para designer. Mulai dari logo, website, icon, t-sirt dll. Pendaftaran nya cukup mudah akan tetapi dibutuhkan seleksi di tahap selanjutnya. Di situs ini kalian akan dibayar minimal 200$ untuk sebuah konsep design. (dikutip dari http://perdana.org/situs-yang-membayar-desain-kalian-dengan-dollar/)



2.       Crowdspring.com
Di situs ini lebih variatif lagi dalam penawaran kontesnya, ada kontes tentang penanamaan sebuah perusahaan juga. Jika dibandingkan dengan 99design bayaran yang kita dapat akan lebih besar dikarenakan klien situs ini merupakan perusahaan besar. (dikutip dari http://perdana.org/situs-yang-membayar-desain-kalian-dengan-dollar/)




3.       Designcrownd.com
Designcrownd menawarkan konsep situs jasa penyesia design yang unik. Jika situs lain hanya menawarkan kontes design, disitus juga ini menawarkan project, kalian hanya tinggal mengirim proposal untuk ikiut serta dalam project yang telah dibuat oleh project holder,dan mereka akan menentukan layak atau tidak (dikutip dari http://perdana.org/situs-yang-membayar-desain-kalian-dengan-dollar/)



Dan tentunya masih banyak lagi situs yang serupa dengan yang diatas. Saya juga masih mencoba beberapa situs untuk saya jadikan lapangan usaha bagi saya, dan tentunya bisnis design tanpa modal juga bisa kita temui di dunia nyata juga seperti mengikuti lomba yang biasanya dibuat saat ada event, jadi kalian hanya menunggu saja kapan event itu ada dengan melingkari calendar anda.

Bahkan bagi kalian yang hanya tau cara mengoprasikan photoshop walaupun itu basic, anda juga biasa berbisnis design, dengan pembuatan kaos yang gambar kaos tersebut hanya hasil crop gambar google, tapi perlu diperhatikan juga disini yaitu anda hanya bias menjualnya di grup-grup media sosial tentang hoby, seperti contohnya: grup fotografer (membuat baju bergambar kamera dan tulisan sesuai grup tersebut), jika anda tidak punya modal uang, anda bisa menjualnya dengan cara pre order ( dengan menampangkan design anda dahulu, jika respon baik maka baru proses produksi dengan uang orderan mereka yang menginginkan).

Jadi jangan pernah berfikir bahwa semua usaha itu dimulai dari orang yang punya uang,  jangan pernah beralasan bahwa saya tidak punya modal untuk usaha, orang yang punya modal sedikit akan lebih berhati-hati dan lebih tekun dari pada mereka yang memulai bisnis dengan uang.

  Artikel ini ditujukan untuk ujian akhir mata kuliah lingkungan bisnis di universitas amikom yogyakarta


Share this:

CONVERSATION

0 comments:

Post a Comment