image1 image2 image3 image4 image5

HELLO I'M LUQI PAMUNGKAS|LOVE ALL THINGS ABOUT DRAWING, EDITING, AND ETC|I LOVE TO DO FREAKING CREATIVE THINGS|I'M GRAPHIC DESIGNER

EDITING VIDEO JADIKAN BISNIS


Akhir-akhir ini banyak kalangan muda yang aktif di youtube. Memanglah youtube adalah salah satu wadah terbesar untuk kita yang memulai dalam bisnis editing video. Sebenarnya anda tidak perlu mahir dalam editing video asalkan video anda sudah menarik. Editing video sebenarnya hanya membuat video yang biasa menjadi video yang menarik untuk ditonton.

Sampai saat ini software editing video pun sudah mulai banyak dengan fitur-fitur yang semakin mudah untuk proses pengeditan kita, jadi apa salahnya jika kita mencoba bisnis ini, selain kita takperlu modal kita juga tak akan rugi untuk mempelajarinya. Semua ilmu yang kita pelajari juga akan berkuna di kemudian hari.

Dari adobe sendiri kita sudah menemukan 2 aplikasi penting untuk editing video yaitu adobe premiere dan adobe after effect, kedua software ini memang tak bias berjalan di semua specifikasi computer, keduanya memiliki specifikasi minimum yaitu ram 2 gb dan untuk versi CS5 sampai CC hanya berjalan di computer 64bit, hanya versi CS4 lah yang bisa dijalankan oleh computer 32bit. Bisa disimpulkan bahwa anda hanya perlu computer specifikasi medium-high untuk mengerjakan bisnis ini.

Dengan mempelajari skill editing video anda sudah bisa melakukan usaha seperti berikut :

1.       Editing video pernikahan

Jika pertama kali mengedit video pernikahan pastikan dahulu anda membuat sample gratis dengan video kerabat anda yang akan menikah, tentunya saat video berakhir anda harus menampilkan watermark, supaya orang lain tau video itu anda yang mengedit. Biasanya editing videonya bersifat cinematic, effect bokeh, dengan paduan slow motion dan alunan music instrumental yang menenangkan. Setelah anda menampilkan sample tersebut maka orang lain yang menghadiri akan tertarik dengan video anda.



2.       Editing video untuk tujuan marketing

Sekarang tak Cuma gambar poster atau banner yang bisa dijadikan untuk promosi product, kita juga bisa mempromosikan barang kita atau barang orang lain untuk dijual, jelas media promosi ini juga banyak menarik perhatian, kita juga sudah banyak menemuinya dijalan-jalan seperti videotron. Untuk editing seperti ini kita bisa memanfaatkan thema simple tapi menarik, seperti flat design yang digerakkan atau dengan font-font simple layaknya century gothic agar menghasilkan endorse.



3.       Editing video tutorial

Saat ini banyak sekali referensi yang kita dapat dari youtube, jika kita bisa mempelajarinya dan bisa menghasilkan yang lebih dari yang referensi tersebut berikan maka kita bisa membuat video tutorial kita sendiri, jika kita bisa aktif di youtube maka kita juga akan dapat penghasilan dari youtube. Editing dalam “video tutorial” tidak begitu sulit, hanya saja kita perlu branding atau watermark untuk menunjukkan identitas kita yang dibuat menjadi video openingnya, dan tentunya harus menarik dan mudah diingat.


4.       Editing video gameplay game

Banyak kalangan muda yang mempraktekkan yang satu ini, tapi hal ini hanya bisa dilakukan oleh mereka yang sudah bermodalkan mic, camera, dan pc high-end. Jika kita membuat video gameplay game kecil-kecilan maka penontonya pun juga sedikit, tapi itu juga bisa diatasi jika anda memberikan cipratan comedy dalam video tersebut, berbeda yang sudah bermodalkan tersebut, mereka hanya butuh memainkan game-game baru agar memberikan gambaran bagi mereka yang ingin mendownload atau membeli game tersebut. Biasanya dalam editing videonya kita hanya perlu green screen yang ada dibelakang kita agar bisa menghilangkan background yang sudah ada.



Semua itu Cuma gambaran kecil yang bisa saya tuliskan dalam artikel kali ini, semoga hal kecil ini bisa membantu anda dalam membangun usaha tanpa modal milik anda. Untuk video tutorial dari 4 contoh diatas bisa saya berikan jika saya ada waktu untuk membuatnya, sebenarnya jika anda menginginkan referensi atau video tutorial nya sudah banyak tersebar di youtube. Jadi belajarlah dari diri anda sendiri, jangan menunggu orang untuk mengajari anda.


   Artikel ini ditujukan untuk ujian akhir mata kuliah lingkungan bisnis di universitas amikom yogyakarta

Share this:

CONVERSATION

0 comments:

Post a Comment